BIMBINGAN TEKNIS TENTANG PENDAPATAN ASLI DAERAH

Untuk meningkatkan kemampuan dan menambah pengetahuan tentang Pendapatan Asli Daerah (PAD), Inspektorat Kabupaten Cilacap mengadakan Bimbingan Teknis (BIMTEK) kepada segenap karyawan. Pelatihan diadakan pada tanggal 1 sampai 3 Juli 2019 di aula inspektorat kabupaten Cilacap dan diikuti oleh Inspektur Kabupaten Cilacap, Inspektur Pembantu Wilayah I, II, III dan IV, Auditor (Madya, Muda, Pertama), P2UPD (Madya, Muda), CPNS Formasi Auditor, Staf Fungsional Umum Inspektorat Kabupaten Cilacap dan Staf BPPKAD Kabupaten Cilacap.

Adapun sebagai narasumber adalah Dr. Erwin Antoni.,SE.,Ak.,ST.,MT.,M.Si., CA. dari BPK. Materi yang dipaparkan antara lain pajak daerah, retribusi daerah, Pendapatan Hasil Pengelolaan Kekayaan Daerah yang Dipisahkan, Dana Alokasi Khusus, Dana Penyesuaian dan Dana Otonomi Khusus yang Ditetapkan Oleh Pemerintah, Dana Bagi Hasil Pajak dari Provinsi kepada Kabupaten/ Kota, Dana Alokasi Umum, Bantuan Keuangan dari Provinsi atau dari Pemerintah Daerah Lainnya.

Selama 3 hari peserta diminta untuk memahami proses penyusunan laporan audit, membuat matrik perancangan pemeriksaan PAD yang baik, memahami retribusi mulai dari penetapan retribusi hingga prinsip dan sasaran penetapan retribusi.

Harapan setelah mengikuti pelatihan adalah para karyawan bisa menjadi auditor yang handal dalam pemeriksaan PAD sehingga potensi pajak dan retribusi daerah diharapkan mampu menjadi sumber keuangan daerah yang dapat membantu biaya penyelenggaraan pemerintah dan pembangunan daerah. (Jbl)

 

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *