Inspektorat Kabupaten Cilacap Adakan Rapat Persiapan PMPRB

Pada Hari Rabu, Tanggal 3 Juni 2020 Pukul 10.00 -12.00 bertempat di ruang Aula Inspektorat Kabupaten Cilacap diselenggarakan Rapat Persiapan Pengisian Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi (PMPRB) Online Pemkab Cilacap Tahun 2020 (untuk penilaian tahun 2019). PMPRB sendiri bertujuan untuk mendapatkan Indeks Reformasi Birokrasi (RB) yang dinilai oleh Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) Republik Indonesia (RI) baik di tingkat pusat maupun daerah.

Rapat dihadiri oleh Perwakilan OPD di 8 (delapan) area PMPRB baik di Tingkat Pusat (Pemda) maupun Tingkat Unit (OPD) yaitu Inspektorat, Setda (Bagian Organisasi, Bagian Hukum dan Bagian PBJ), Bappeda, DPMPTSP, BKPPD, BPPKAD, Disdukcapil, Dinas P dan K, DLH, dan Dinas Arpus. Rapat dipimpin oleh Sekretaris dan Inspektur Pembantu Wilayah (Irbanwil) III Inspektorat. Rapat diselenggarakan dengan tetap mematuhi protokol Kesehatan terkait Covid-19.

Rapat diawali oleh Sambutan Sekretaris Inspektorat Kabupaten Cilacap, Ibu Isnaeny Pudji R, SE, MM yang mewakili Inspektur Kabupaten Cilacap yang berhalangan hadir dengan memaparkan hasil evaluasi PMPRB Pemkab Cilacap Tahun 2019 dan harapan untuk capaian PMPRB Pemkab Cilacap Tahun 2020. Sedangkan Irbanwil III Inspektorat memaparkan secara lebih rinci mengenai hal-hal apa saja yang harus dilakukan agar capaian PMPRB Tahun 2020 dapat meningkat. Dalam paparannya baik Sekretaris maupun Irbanwil III menjelaskan bahwa terdapat kenaikan capaian yang diraih oleh Pemkab Cilacap atas capaian PMPRB tahun sebelumnya, yaitu untuk tahun 2019 sesuai hasil evaluasi dari Kemenpan RB RI Pemkab Cilacap memperoleh skor 67,69 dengan predikat B dan berada di peringkat 4 (empat) dari 35 kabupaten/kota se- Jateng, meningkat dari tahun sebelumnya yang memperoleh skor 65,12. Atas capaian tersebut disampaikan apresiaasi sebesar-besarnya kepada OPD terkait, namun demikian masih terdapat beberapa area indikator RB yang perlu diperbaiki dan ditingkatkan agar capaian Indeks RB Pemkab Cilacap tahun ini lebih baik. Acara selanjutnya pemaparan dari Kasubag Evaluasi dan Pelaporan Inspektorat Kabupaten Cilacap, Puji Suwarjono, SE, M. Acc mengenai beberapa teknis pengisian PMPRB Tahun 2020 yang sedikit berbeda dari tahun sebelumnya dan kemudian diakhiri dengan tanya jawab.

Untuk tahap selanjutnya akan dilaksanakan rapat PMPRB tingkat Asesor Pusat (Pemda) dalam rangka menyamakan visi terkait penilaian dan pengisian sebelum nantinya hasil RB tersebut diserahkan ke Sekda untuk dikirimkan ke Kemenpan RB RI agar dilakukan evaluasi sebelum tanggal 30 Juni 2020. (PS/itkab)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *