Sosialisasi Saber Pungli Terkait Bantuan Sosial Covid-19 Kabupaten Cilacap

Pada saat pandemi covid-19 semakin merajalela, banyak warga yang membutuhkan uluran bantuan dari pemerintah. Untuk membantu warga yang ekonominya terdampak pandemi covid-19, Pemerintah pusat hingga pemerintah daerah memberikan bantuan sosial (Bansos) kepada warga. Besaran bantuan ini berbeda-beda menyesuaikan dengan anggaran dari masing-masing daerah.

Sayang, penyaluran bansos ini menuai banyak persoalan. Selain persoalan data yang masih berantakan, ternyata ada juga masalah pungutan liar (pungli) dengan cara memotong besaran bantuan yang dilakukan oknum aparat kewilayahan.

Terkait hal ini, Inspektorat Kabupaten Cilacap mengadakan sosialisasi Sapu Bersih Pungutan Liar Terkait Bansos Covid-19 yang di ikuti oleh seluruh kepala desa di lingkungan Pemkab Cilacap. Kegiatan yang dilakukan mulai 2 Juli hingga 22 Juli 2020 ini diharapkan bisa memacu kepala desa dalam mengelola dana bansos agar bisa diberikan secara merata dan tepat sasaran. Dan hal paling utama yang disampaikan pada sosialisasi ini adalah menekankan pada kegiatan pungli agar tidak terjadi kapanpun dan dimanapun.

Materi Sosialisasi Saber Pungli terbagi menjadi 3 narasumber yaitu dari POLRES CILACAP, KEJAKSAAN NEGERI KAB. CILACAP dan INSPEKTORAT KAB. CILACAP. Narasumber dari kepolisian mengingatkan hukuman yang akan dijalani para pelaku pungli adalah paling sedikit 4 tahun dan paling lama 20 tahun. Sedangkan narasumber dari kejaksaan menjelaskan jenis-jenis pungli yang bisa terjadi dimanasaja. Sedangkan narasumber dari Inspektorat lebih menekankan pada bimbingan agar para kepala desa menghindari praktik pungli.

Disela-sela sambutannya, Inspektur Kabupaten Cilacap Drs. Indro Cahyono, MM. menghimbau agar kepala desa bekerja secara maksimal dengan penuh kejujuran dan keikhlasan. Apabila penyaluran Bansos dilakukan dengan kejujuran, maka satu-satunya yang akan diuntungkan adalah masyarakat desa, sebagaimana seperti target yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat.

Pemkab Cilacap melarang keras pungutan dalam bentuk apapun pada penyaluran dana Bantuan Sosial (Bansos) Covid-19. Untuk itu, bagi masyarakat yang mengalami atau mengetahui terjadinya pungutan liar dalam proses penyaluran bansos khususnya dari Kabupaten Cilacap tersebut diimbau untuk tidak segan-segan melaporkannya kepada unsur terkait yakni Inspektorat Kabupaten Cilacap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *