Monitoring Dan Evaluasi Capaian MCP Semester 1 Tahun 2020

Pada Hari Senin, Tanggal 3 Agustus 2020 Pukul 09.00 -12.30 bertempat di ruang Rapat Sekda Kabupaten Cilacap diselenggarakan Rapat Video Conference antara Pemkab Cilacap dengan Tim Korwil VII KPK. Rapat Video Conference diselenggarakan antara Tim Korwil VII KPK RI dengan Pemkab Cilacap terkait dengan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Capaian MCP (Monitoring Center for Prevention) melalui aplikasi jaga.id periode Semester I Tahun 2020.

Rapat Video Conference dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap, Drs. Farid Ma’ruf, ST, MM, beserta OPD terkait 8 Area Indikator Korsupgah yaitu Bappeda, BPPKAD dan Diskominfo (Perencanaan dan Penganggaran), Bagian PBJ Setda (PBJ), DPMPTSP (Perijinan), Inspektorat (Kapabilitas APIP), BKPPD dan Bagian Organisasi Setda (Manajemen ASN), BPPKAD (Optimalisasi Pendapatan Daerah dan Manajemen Aset Daerah) serta Dispermades (Tata Kelola Dana Desa). Tim Korwil VII KPK yang melaksanakan Monev adalah Bapak Uding Juharudin dan Ibu Anik Rahmawati.

Pelaksanaan Monev berlangsung cukup menarik diawali dengan capaian MCP Pemkab Cilacap sampai dengan tanggal 2 Agustus Tahun 2020 dengan prosentase total untuk 8 indikator sebesar 62,32% dan berada di posisi 11 dari 542 Pemda di seluruh Indonesia atau di posisi 1 dari 35 pemda di Jawa Tengah. Acara kemudian dilanjutkan dengan dengan pemaparan satu per satu capaian indikator dari Pihak KPK maupun Pemkab Cilacap disertai dengan demo dari Pemkab Cilacap terkait penggunaan aplikasi untuk lebih meyakinkan tim KPK, diantaranya dari Bappeda, BPPKAD dan BKPPD. Pada bagian akhir Monev KPK menyampaikan apresiasi atas capaian Pemkab Cilacap dan mengharapkan agar Pemkab Cilacap terus menjaga agar hasil yang diperoleh sekarang dapat terus dipertahankan mengingat persaingan antar Pemda di Jawa Tengah dalam rangka meningkatkan capaian MCP sangat ketat. Acara Monev berakhir tepat pukul 12.30. (PS/itkab)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *